Produk Asuransi Unit Link adalah keluaran Asuransi Jiwa yang mempunyai manfaat memberikan proteksi Asuransi Jiwa dan memiliki poin investasi, di mana poin investasi tersebut tidak dijamin dan dapat berubah tergantung perkembangan pasar modal.

Fungsi Produk Asuransi Unit Link tetap memberikan proteksi, hanya saja biasanya produk ini memiliki beberapa fitur yakni manfaat proteksi dan serupa investasi. Selanjutnya bisa ditambahkan perlindungan asuransi tambahan ( riders ) sesuai kebutuhan.

Adalah Tari seorang pegawai di perusahaan startup di Jakarta, zaman ini sudah menikah & punya satu anak. Tari adalah anak satu-satunya pada keluarga, dan ingin menyembunyikan orang tua dari bagasi pembiayaan terhadap suatu risiko kesehatan. Hal ini pula dilakukannya dengan tujuan menunggangi pendapatan tetap dengan lebih baik.

“Akhirnya saya daftarin deh orangtua dan diri sendiri ke produk asuransi, ” katanya.

Karena usia dengan berbeda, pun dengan haluan hidup yang berbeda juga, Tari memiliki dua opsi. Untuk orang tua, tempat merasa yang penting mereka terlindungi dari berbagai ragam risiko, jika terjadi apa-apa.

“Maka dari itu, kami pilihlah Produk Asuransi Pelestarian, ” ujarnya.

Sementara untuk saya sendiri, yang sedang punya mimpi serta haluan tertentu, saya memilih Produk Asuransi Unit Link. Menurut saya, produk ini pas karena sebagian premi yang telah dibayar tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi tapi juga akan masuk ke rekening investasi di mana asuransinya sendiri dapat ditambahkan sewaktu-waktu. Menurut Tari kejadian ini membuat polis asuransi miliknya lebih fleksibel.

“Karena nggak tahu kan, sewaktu-waktu mungkin kebutuhan saya bisa bertambah, ” imbuhnya.

Foto:   Dok. AIA

Yang pasti, lanjutnya, dengan premi asuransi yang dimilikinya ini, Tari merasakan dia dan orang tuanya lebih terlindungi dari risiko yang akan di-cover lantaran produk asuransi yang tempat pilih. Dari pengalaman itu, Tari jadi paham pentingnya untuk tahu jenis buatan asuransi mana yang seragam sesuai kebutuhan.

Dari piawai Tari tersebut, penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Situasi ini sebagaimana yang dikatakan oleh Financial Planner, Aidil Akbar.

Menurut dia, pada setiap produk asuransi memiliki kebaikan yang berbeda-beda. Yang harus dipahami adalah, tidak tersedia produk yang lebih molek dibanding lainnya.

Jika telah menentukan pilihan, saatnya menemui agen pemasar atau mitra bank. Namun hal dengan perlu diingat juga adalah, karena Produk Asuransi Bagian Link menggabungkan antara perlindungan dan berinvestasi, tentu investasi tersebut mengandung resiko.

Tak hanya itu, nilai investasi tersebut bisa berubah bersandar dari pergerakan pasar modal. Sehingga, ketentuan dan persyaratan produk asuransi ini kurang lebih rumit dibandingkan Produk Asuransi Perlindungan.

“Sebagai konsumen, penting untuk mencari terang perbedaan dari masing-masing asuransi tersebut. Termasuk juga biaya-biaya yang terkait pada buatan tersebut. Terpenting lainnya adalah cocokkan produk asuransi tersebut dengan kebutuhan agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, ” pungkas Aidil.  

Simak terus informasi terbaru mengenai asuransi di AIAPedia melalui Instagram  @aiaindonesia

(adv/adv)