Jakarta, CNBC Indonesia  – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu ( 2 /1 2 /20) di buka hijau 0, 28% di level 5. 947, 65 0, 21. Selang 20 menit IHSG kembali menghijau 0, 24% di level 5. 945, 22 walaupun sempat anjlok ke zona abang.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan ulah jual bersih sebanyak Rp 100 miliar di rekan reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 3, 4 triliun . Terpantau 202 saham terangkat, 217 saham turun, sisanya 181 stagnan.

Saham dengan paling banyak d ikoleksi asing keadaan ini adalah PT Bank Rakyat Nusantara Tbk( BBRI ) dengan beli bersih sebesar Rp 10 miliar dan PT Indah Kiat Bubur kertas and Paper Tbk (INKP) yang mencatatkan  net buy  sejumlah Rp 10 miliar.


Sementara itu saham yang menyesatkan banyak di lego asing hari itu adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk( ICBP ) dengan jual bersih sebesar Rp 40 miliar dan P T Astra Global Tbk( ASII ) dengan  net sell  sejumlah Rp 23 miliar.

Sentimen perdagangan hari tersebut juga diwarnai dengan rilis keterangan ekonomi nasional. Dari dalam kampung ada rilis data Indeks Anutan Konsumen (IKK) November.

Pada bulan Oktober IKK turun ke bawah level 80. Perkiraan Trading Economics menunjukkan IKK bulan November berada di angka 85 atau membaik. IKKmerupakan salah satu parameter perekonomian yang penting karena mampu mencerminkan sentimen konsumen.

Jadi negara yang lebih dari separuh output perekonomiannya disumbang oleh konsumsi domestik. Apabila optimisme konsumen membaik, maka mereka akan mulai membelanjakan uangnya dan roda ekonomi mampu berputar. Ini tentu menjadi sentimen positif bagi pasar.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]
(trp/trp)