Jakarta, CNBC Indonesia porakporanda Presiden Bank Dunia yang menjabat dari tahun 1995 hingga 2005, James Wolfensohn, meninggal dunia di dalam usia 86 tahun.

Dikutip dari CNBC International , Wolfensohn meninggal Rabu (25/11/2020) di rumahnya di Manhattan menurut Institute for Advanced Study, di mana dia pernah menjelma ketua dewan disana sebelumnya. Lengah seorang cucunya juga mengkonfirmasi kematiannya dalam laporan media.


Wolfensohn, lahir di Australia, bekerja pada Wall Street selama bertahun-tahun pra mengambil alih sebagai Presiden Bank Dunia pada tahun 1995. Ia dinominasikan oleh Presiden Bill Clinton saat itu.

Semasa berada di sana, ia menjalankan masalah seperti korupsi dalam rencana pengembangan organisasi dan menekankan menghiraukan pada kebutuhan dan prioritas negara yang mengambil pinjaman-pinjaman dari lembaga keuangan terkemuka itu.

Selain itu dia juga merupakan seorang pecinta seni. Ia menjabat sebagai ketua Carnegie Hall di New York di 1980-an dan Kennedy Center dalam Washington pada paruh pertama 1990-an. Di kedua tempat tersebut, tempat bekerja untuk meningkatkan keuangan dan merenovasi fisik fasilitas yang dimiliki.

Ia bahkan pernah tampil dengan mengadakan pertunjukan cello dengan teman-teman musisi terkenal di Carnegie Hall. Bersama ketiga anaknya, Wolfensohn meninggalkan tujuh cucunya. Istrinya, Elaine, meninggal pada Agustus.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)