Jakarta, CNBC Indonesia – Penanganan Covid-19 dalam 2 bulan terakhir terlihat semakin membaik bila dibandingkan dengan rata-rata negeri. Bahkan Indonesia mengalami penurunan persentase kasus aktif, sementara dunia malah mencatatkan peningkatan.

“Perkembangan di berbagai belahan dunia terjadi kenaikan kasus yang sangat tinggi sekali sehingga hari ini kita rasakan perbandingannya. Ketika kasus pada tanah air mengalami penurunan, namun kasus di sejumlah negara merasai peningkatan, ” ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo dalam konferensi pers, Sabtu (14/11/2020).

Data menunjukkan bahwa rasio kasus aktif Covid-19 di dalam 2 bulan terakhir sejak 13 September 2020, turun dari 25% menjadi 12, 9%. Sementara urusan aktif dunia naik dari 24, 85% menjadi 27, 72%.


Sementara itu, rasio kesembuhan di Indonesia meningkat dari 71% menjadi 83, 8%. Adapun nalar kesembuhan di dunia turun daripada 71, 96% menjadi 69, 84%.

Pada sebulan terakhir kasus aktif sebulan terakhir turun 7, 07%. Tatkala angka kesembuhan mengalami peningkatan 7, 34% persen. “Tentunya ini berkah kerja keras dari seluruh komponen masyarakat, pemerintah, pimpinan daerah, ketua satgas, relawan, didukung TNI-Polri, ” kata Doni.

Buat angka kematian, sebulan terakhir dilaporkan di Indonesia juga terjadi kemerosotan 0, 25 persen. Penurunan ini terjadi secara konsisten.

Dia mengapresiasi kerja para gaya kesehatan, yakni dokter, perawat, serta petugas medis lain yang telah berlelah-lelah memberi kesembuhan pasien pada RS selama 8 bulan terakhir. Dia mengingatkan bahwa COVID-19 adalah wabah yang punya risiko tinggi.

Doni Monardo tahu bahwa #pakaimasker, #jagajarak hindari kerumunan, dan #cucitangan pakai sabun beserta air mengalir merupakan cara yang paling ampuh untuk membendung penularan Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)