Jakarta, CNBC Indonesia – Ketua Pelaksana Komisi Penanganan  Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir program subsidi pulsa untuk insan pendidikan akan segera diluncurkan akhir bulan ini.

Demikian disampaikan Erick saat menyampaikan orasi ilmiah di Dies Natalis ke-63 Universitas Padjajaran secara virtual, Jumat (11/9/2020).

“Juga kemarin program pulsa saya cek sudah berjalan dan nanti akan ada jauh bertambah besar ketika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan bantuan pulsa untuk para dosen, guru, mahasiswa serta pelajar. Akan di-launching di simpulan bulan ini, ” katanya.

Pulsa gratis ini diberikan untuk mempermudah proses belajar sejak rumah. Pulsa gratis ini akan diberikan kepada dosen, guru, mahasiswa dan pelajar yang harus menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dari rumah sebab pandemi Covid-19.


Selain itu, Erick juga mengungkapkan tersedia program subsidi listrik yang telah dijalankan melalui Kementerian BUMN & PT PLN.

Perlu diketahui, pulsa yang diberikan sudah berupa kuota sebesar 35 gigabyte per bulan buat siswa. Sedangkan mahasiswa dan dosen masing-masing 50GB per bulan & guru 42GB per bulan. Bantuan kuota akan diberikan selama September hingga Desember 2020.




Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan tempat telah memberikan subsidi kuota internet disiapkan anggaran Rp 7, dua triliun. Khusus untuk subsidi instruktur akan dibiayai dari realokasi perkiraan Program Organisasi Penggerak.


Nadiem mengatakan kuota diperlukan sungguh untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ dilakukan karena kegiatan bersekolah mengajar di sekolah ditiadakan selama pandemi Covid-19 Namun, banyak pelajar di berbagai daerah yang terkendala membeli kuota internet untuk melancarkan di rumah.


Selama PJJ berjalan, Nadiem mengaku banyak mendapat laporan kendala orang usang dan pelajar dalam membiayai catu. Perkara ini lebih banyak didapati dibanding pelajar yang tidak mempunyai gawai.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)