Jakarta, CNBC  Indonesia – Ulama Tol Cengkareng – Akik Ceper – Kunciran sepanjang 14, 19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6, 5 km  akan diresmikan pada Kamis (1/4).

Ke-2 ruas tol yang adalah bagian dari jaringan Timah Tol Jakarta Outer Gelang-gelang Road (JORR II) dengan dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Enau, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Harapannya jalan tol tersebut bisa segera operasi karena sudah ditunggu masyarakat, ” kata Menteri PUPR Basuki  Hadimuljono  dalam pernyataan resminya, Selasa (30/3).


Staf Ahli Gajah PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga tukang bicara Kementerian PUPR mengutarakan, jalan tol ini hendak melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan asosiasi Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Ini serupa menjadi alternatif lain sebab Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta, ” tutur Endra.

Untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper kacau Kunciran, Endra menyatakan secara keseluruhan fungsi badan istimewa jalannya sudah selesai serta berfungsi dengan baik. “Tinggal perapihan (finishing) di kurang titik seperti guard rail dan marka jalan, tak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate, ” ujarnya.

Berdasarkan data progres wujud Jalan Tol Cengkareng kepala Batu Ceper – Kunciran saat ini telah menyentuh 94, 08 %. Buku tol ini dikelola sebab PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya wujud sebesar Rp 1, 96 triliun.

Pendirian Tol Cengkareng – Keras kepala Ceper – Kunciran dibagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran kacau Tirtayasa) sepanjang 2, 04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3, 52 Km. Lalu Seksi III (Benteng Betawi – H. Sastranegara) sepanjang 6, 57 Km, serta yang terakhir Seksi IV (H. Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2, 06 Km.

Tol Cengkareng – Batuceper kacau Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Kembung, dan SS Benda.

Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi serta diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 awut-awutan.

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong – Cinere sepanjang 10, 1 km yang terdiri untuk 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6, 5 km yang telah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3, 6 km dengan progres pengerjaan 86%. Pengusahaan buku tol ini dilakukan sebab PT Cinere Serpong Hebat dengan biaya konstruksi Rp2, 1 triliun.

“Untuk sisa seksi 2 Pamulang-Cinere nantinya akan tersambung ke Ruas Tol Cinere- Jagorawi dan Tol Depok -Antasari, sehingga menjafi jaringan yang terhubung, ” kata Endra.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)