Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (8/10) dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kalimantan  Sedang (Kalteng). Jokowi  akan melakukan kick off program lumbung pangan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmuddin membaca, Jokowi dijadwalkan akan melakukan anjangsana kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ia dijadwalkan untuk meninjau kembung pangan raksasa atau Food Estate.

“Presiden diagendakan lawatan kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Pusat untuk meninjau program Food Estate, ” jelasnya, Rabu (7/10).


Hal ini sejalan secara program penyediaan 30 ribu hektare lahan di Kabupaten Pulang Badik, Kalimantan Tengah, yang merupakan kedudukan lumbung pangan raksasa (food estate)  yang sudha rampung pada Oktober 2020.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  sempat mengatakan pemerintah sudah mulai menggarap lahan-lahan tersebut. Adapun masa pengerjaannya diperkirakan mencapai kurang bertambah satu bulan lebih.

“Kurang lebih 48 hari, Insya Allah pengelola lahan sudah selesai, ” kata Syahrul, dalam konvensi pers usai rapat terbatas, Rabu (23/9/2020).

Saat itu, Mentan SYL mengatakan Jokowi bakal datang ke lokasi tersebut di minggu pertama Oktober 2020 buat mengecek pengerjaan food estate. Jokowi, pun akan memimpin sendiri kick off food estate di kawasan itu.

“Saya kira setelah kick off, 48 hari sesudah tersebut Insya Allah penanaman sudah beres untuk 30 ribu hektare. Sebagai contoh untuk masuk pada 2021, di sekitar 80 ribuan sampai kurang lebih 164. 598 hektare, ” ujarnya.

Tempat Pulang Pisau memang menjadi salah satu wilayah yang dianggap sudah memadai. Bahkan, pemerintah sudah merancang alat sistem pertanian yang pas masif.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)