Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah monolit di daerah pengunungan Neamt Rumania dilaporkan habis secara misterius. Setelah beberapa sebelumnya tugu logam ini muncul dengan tiba-tiba di daerah benteng Dacian.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa monolit ini terpaut dengan yang di gurun Utah, Amerika Serikat (AS) yang muncul dua pekan lalu kemudian jatuh secara misterius.

Kehadiran monolit misterius tersebut telah membangkitkan gairah para penggemar fiksi ilmiah, apalagi mereka yang menyukai film soal keberadaan alien karya Stanley Kubrick tahun 1968 berjudul “2001: A Space Odyssey”, berdasarkan novel karya Arthur C. Clarke.


Dalam film Stanley Kubrick itu digambarkan alien monolit adalah simbol berulang yang tampaknya berperan dalam perkembangan kemajuan manusia.

Namun kehadiran monolit ini seperti tak terkait dengan alien di muka dunia karena diduga ini hanya kerjaan seorang tukang las yang belum diketahui maksudnya melakukan hal tersebut.

“Bangunan setinggi dua, 8 meter (9 kaki) itu menghilang dalam semalam seperti masa didirikan minggu lalu, ” sirih wartawan Robert Iosub dari surat kabar lokal Ziar Piatra Neamt, yang telah melihat bangunan itu, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (2/12/2020).

“Orang tidak dikenal, rupanya tukang las lokal yang buruk pembuatnya…. sekarang dengan tersisa hanyalah lubang kecil yang tertutup tanah berbatu, ” kuli lokal menemukan, kata Robert Iosub.

(roy/sef)