Jakarta, CNBC Indonesia – Menggunakan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian orang. Kendati demikian, Anda harus bijak pada menggunakannya agar tidak tergulung utang.

Patuh Grace Situmeang, GM Bagian Bisnis Kartu BNI mengutarakan menjelang Lebaran biasanya seseorang akan belanja habis-habisan. Peristiwa ini pun membuat dakwaan kartu kredit membengkak sudah Lebaran.

Grace menyebut sebenarnya masyarakat kudu benar-benar memahami dan pandangan kegunaan kartu kredit di dalam berbelanja. Ia pun menyarankan bila membayar atau menutup utang tersebut agar positif waktu.


“Kalau nanti setelah lebaran enggak usah pusing teristimewa sama kredit. Kita manage cashflow . Kalau ada dana sampai, sebaiknya dilunasi. Kita selalu ada jeda waktu 31-45 hari. Itu lebih bagus kalau full, ” ujar Grace dalam BNI  Investime CNBC Indonesia , Rabu (7/4/2021).

Grace menyampaikan usahakan ukuran yang digunakan tidak bertambah besar dari penghasilan yang didapatkan. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan ketidakmampuan bayar tagihan di bulan berikutnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan promo yang tersedia daripada kartu kredit. Biasanya saat Ramadhan akan ada penuh promo baik secara online maupun offline.

“Manfaatkan promo kredit BNI dalam masa Ramadhan dan Lebaran hingga 30%. Belanja di groceries, buka puasa, atau e-commerce untuk hantaran secara cicilan 0% sampai 36 bulan, itu sangat menggali agar tidak memberatkan. Kita juga ada program secara bunga ringan, 0, 7%, ” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)